Sabtu, 01 Mei 2010

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Bidang Studi : IPA
Kelas / Semester : VI / II
Hari / Tanggal : Minggu, 11 Oktober 2009
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit


I. Standar Kompetensi
Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi.

II. Kompetensi Dasar
Melakukan percobaan dan menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak ( model
jungkat jungkit, ketapel, model traktor sederhana energy pegas.

III.Indikator
Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara gaya dan gerak.

IV. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat membuat alat yang memanfaatkan energi pegas yaitu ketapel.
2. Siswa dapat mengkomunikasikan hubungan antara gaya pegas dan gerak melalui
praktik percobaan menggunakan ketapel sederhana.

V. Materi Pembelajaran
Energi dan Perubahannya

VI.Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal
1. Mengkondisikan kelas
- Memberi salam
- Berdoa
- Mengabsen
- Mengatur tempat duduk
2. Apersepsi
Menanyakan kembali materi pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya sebagai
jembatan untuk menuju ke materi inti.
3. Memotivasi
-Guru menyampaikan manfaat yang dapat diperoleh dari belajar tentang gaya pegas
( tujuan pembelajaran kontekstual / bermakna ).
-Guru mengemukakan kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu siswa diiformasikan
kegiatan hari ini untuk membuat ketapel sederhana.

B. Kegiatan Inti
-Penjelasan singkat materi pelajaran tentang energi dan perubahannya.
-Pembentukan kelompok kecil.
-Guru membagikan alat, bahan praktik, dan LKS.
-Guru menjelaskan cara menggunakan alat-alat percobaan.
-Siswa mempraktikkan membuat ketapel sederhana dengan alat dan bahan yang telah
disediakan.
-Siswa menarik kesimpulan dan membuat laporan dari hasil praktik / percobaan.

-Siswa mempresentasikan hasil praktik / percobaan.

C. Kegiatan Akhir
- Guru merangkum hasil presentasi semua kelompok.
- Guru memberikan tindak lanjut/ pengayaan dalam bentuk tugas di rumah ( PR ).

VII.Metode Pembelajaran
- Demonstrasi dan eksperimen
- Inquiri

VIII. Alat dan Sumber Belajar
A.Alat pembelajaran
- Karet gelang
- Ranting pohon yang bercabang
- Selotip
- Pisau / gunting
- Kalep / kulit bekas sepatu
- Kertas
- Kerikil
B. Sumber belajar
- IPA itu Asyik dan Menyenangkan 6 B , Yohanes Surya
- IPA kelas VI Erlangga, Tim Bina Karya
- IPA BSE, Depdiknas

IX.Penilaian
a. Teknik Penilaian
Penilaian produk dengan menggunakanan aspek afektif, psikomotorik, dan
kognitif.

b. Bentuk Penilaian
Penilaian posttest berbentuk essay

Instrumen Penilaian/ Evaluasi

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1. Tuliskan 3 sifat karet gelang !
2. Gaya apakah yang ditimbulkan oleh karet gelang ?
3. Ketika kamu menarik karet ketapel, apa yang kamu rasakan ? Jelaskan !
4. Sebutkan 4 alat yang menggunakan gaya pegas !
5. Apakah kegunaan gaya pegas dalam kehidupan sehari-hari ?

Kunci Jawaban
1. Lentur, elastis, kenyal, tahan/kedap air, tidak berkarat
2. Gaya pegas
3. Terasa memiliki tekanan, kareda ada gaya pegas yang dihasilkan
4. Ketapel, jam manual, sringbed/ kasur pegas, sepeda, sepeda ,otor, mobil , panah
5. Memperlancar dan mempermudah pekerjaan manusia, yaotu misalnya untuk rem
motor/sepeda/mobil, per pada springbed, karet celana/ kaus kaki dll









Skor Penilaian
Skor nomor 1 : 1
Skor nomor 2 : 1
Skor nomor 3 : 3
Skor nomor 4 : 2
Skor nomor 5 : 3
-----------------
Total Nilai = 10




Depok, 11 Oktober 2009

Guru Bidang Studi




Harminto


































LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )

Bidang Studi : IPA
Kelas / Semester : VI / II
Materi : Energi dan Perubahannya
Hari / Tanggal : Minggu, 11 Oktober 2009


Kompetensi Dasar
Melakukan pewrcobaan dan menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak ( model jungkat jungkit, ketapel/ model traktor sederhana energy pegas.


Membuat Ketapel

A. Alat dan Bahan
- Karet gelang
- Cabang / ranting pohon
- Pisau / gunting
- Kalep / kulit bekas sepatu/ tas
- Kertas
- Kerikil

B. Langkah Kerja
- Karet gelang disambung lebih dahulu, kemudian ikatkan pada kedua cabang ranting
pohon.




- Bentuk kalep/ kulit bekas tas/sepatu menjadi persegi panjang, dengan ukuran panjang
7 cm dan lebar 5 cm, kemudian lubangi dengan pisau atau gunting pada kedua sisinya!



- Ikatkan karet gelang pada lubang kaleb/kulit!



- Tarik ketapel dengan kertas sebagai peluru! Apa yang terjadi? Mengapa?
Jawab :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Tarik ketapel dengan kerikil !Apa yang terjadi? Mengapa ?
Jawab :
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------






C. Kesimpulan

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------