Senin, 29 Maret 2010

Rangkuman IPA kelas VI " Kondisi yang Mempengaruhi Perubahan Benda "

KONDISI YANG MEMPENGARUHI PERUBAHAN BENDA

1.Perubahan sifat pada benda menyebabkan benda menjadi mudah rusak
2.Beberapa contoh perubahan benda yaitu :
-melapuknya kertas, kayu, dan plastik
-berkaratnya besi, baja, dan tembaga
-membusuknya makanan dan minuman
3.Perubahan sifat benda dipengaruhi oleh beberapa factor, yaitu :
-temperature / suhu
-kelembaban / adanya air
-sinar matahari
-adanya kuman, bakteri pembusuk, dan jamur
4.Benda hidup dan benda mati selalu mengalami perubahan di sepanjang waktu
5.Pelapukan kayu disebabkan oleh serangga, air, lumut / tumbuhan perintis
6.Untuk memperlambat terjadinya pelapukan kayu dilakukan :
-batang kayu diberi meni kayu dan obat anti rayap, yaitu untuk mematikan
bibit-bibit rayap atau serangga bubuk kayu
-kayu dicat agar penyerapan air dari luar dapat diperkecil
-kayu dikeringkan agar kandungan air di dalamnya berkurang. Kayu yang
benar- benar kering mengakibatkan barang yang dibentuk dari kayu
tersebut bermutu baik
-barang dari kayu sebaiknya tidak diletakkan di tempat yang berudara
lembab, karena udara lembab banyak mengandung air
7.Besi dan baja adalah jenis logam yang mudah berkarat
8.Logam yang tahan terhadap karat adalah emas, perak, almunium, tembaga
9.Karat terjadi karena adanya reaksi kimia antara logam tertentu dengan
udara dan air,reaksi itu disebut reaksi oksidasi
10.Jika besi terkena udara atau air, maka besi akan bereaksi dengan
oksigen membentuk ferum Oksida/ karat ( Fe O . XH O )
² ³ ²

11.Cara mencegah terjadinya karat pada besi adalah dengan mengecat permukaan besi,
melapisi dengan nikel
12.Karat besi menghasilkan zat beracun yang dapat menyebabkan penyakit
tetanus, yaitu penyakit yang mengejangkan otot
13.Jika seseorang tertusuk paku yang sudah berkarat, sebaiknya segera dibawa
ke dokter untuk mendapatkan suntikan anti tetanus
14.Secara umum tanda-tanda makanan yang telah membusuk adalah :
- warna bereubah
- berbau masam atau busuk
- mengeluarkan lendir
- makanan menjadi lunak
15.Pembusukan pada makanan disebkan oleh bakteri pembusuk atau mikroba
16.Mikroba dapat hidup di udara dan air. Makanan yang mengandung air lebih cepat
membusuk dari pada makanan kering
17.Cara untuk mengawetkan makanan :
a. Dikeringkan
Makanan kering mengandung sedikit kandungan air sehingga mikroba dan
bakteri susah hidup
b. Dibekukan
Mikroba dan bakteri tidak dapat berkembang biak jika makanan membeku
c. Diasinkan atau dimaniskan
Garam dan gula dapat membunuh bakteri dan mikroba, sehingga makanan
menjadi lebih awet
d. Diasapkan
Mikroba dan bakteri tidak dapat hidup pada makanan berasap
e. Diberi bahan kimia atau pengawet
Bahan kimia pengawet berfungsi membunuh bakteri dan mikroba.
Efek samping bahan kimia berdampak kurang baik bagi kesehatan
( misal: burak, formalin dll )
f. Pencahayaan dengan sinar radio aktif
Cahaya yang menembus makanan dapat membunuh bakteri dan mikroba. Efek
samping radiasi dikhawatirkan dapat merusak vitamin dan zat-zat
yang terkandung dalam makanan itu, radiasi juga dikhawatirkan
masuk ke dalam tubuh orang yang mengkonsumsi makanan tersebut
18. Contoh pengawetan makanan secara alami :
a. diasinkan : ikan asin, asianan buah dll
b. dikeringkan : kerupuk, ikan, dendeng daging, abon dll
c. dimaniskan : dendeng daging, manisan buah dll
d. diasapkan : daging asap, ikan asap dll
e. dibekukan : es krem, daging, ikan , sayuran dll
19. Agar makanan awet atau tahan lama dapat pula dengan diolah lebih
dahulu, kemudian dikemas dengan bungkus plastik di pabrik, dikalengkan dll


harfile/science/sept’08
silahkan didownload, semoga bermanfaat

Rangkuman IPA kelas VI " Konduktor dan Isolator Panas "

KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS
By Harminto S.Pd

1.Setiap benda mempunyai kemampuan menghantarkan panas yang berbeda-beda
2.Benda yang dapat menghantarkan panas dengan baik dinamakan konduktor
yaitu jenis logam ( baja, besi, tembaga, seng, alumunium, perunggu, kuningan )
3.Logam yang paling baik menghantarkan panas adalah alumunium
4.Alumunium dipakai untuk perkakas rumah tangga, misalnya :
wajan penggorengan, panci, rice cooker, ceret dll
5.Benda yang tidak dapat menghantarkan panas dengan baik dinamakan
isolator, misalnya : plastic, karet,udara, ruang hampa, kayu, keramik,
kain, kertas dll
6.Termos mempunyai dinding rangkap dua dengan ruang hampa di antara kedua
dinding tersebut
7.Ruang hampa pada termos berfungsi untuk menghalangi terjadinya perpindahan panas
8.Ruang hampa adalah ruang yang tidak terdapat udara sama sekali
9.Gagang seterika, panci, wajan penggorengan, ricecooker, terbuat daribahan
isolator yaitu kayu atau plastik
10.Teflon penggorengan dilapisi plastik tahan panas sehingga menghasilkan p
anas yang baik, tidak lengket, dan mudah dibersihkan
11.Bila kita memegang logam seperti sendok atau garpu, akan terasa
dingin,karena logam merupakan konduktor yang baik, maka panas dari tangan
kita berpindah ke logam
12.Untuk mencegah panas secara radiasi ( pancaran ) biasanya di dinding
rangkap termos dilapisi perak di bagian dalam
13.Lapisan perak yang mengkilat itu berguna untuk memantulkan panas yang
mungkin terjadi karena pancaran ( radiasi )
14.Perpindahan panas adalah perpindahan energi yang disebabkan perbedaan
temperature ( suhu )
15.Benda yang berwarna gelap ( hitam) mudah menyerap panas dan cahaya,
sementera benda yang berwarna terang / cerah ( putih ) bersifat
memantulkan panas dan cahaya.
16.Pada waktu siang hari suhu di daerah padang pasir sangat panas, sebaliknya
pada malam hari suhu di daerah padang pasir sangat dingin, hal itu
dikarenakan pada waktu siang hari panas diserap pasir dan dipantulkan kembali
ke atas ( tidak ada yang meredam panas ), sebaliknya pada malam hari panas
cepat dilepaskan karena tidak ada yang menahan panas.
17.Benda padat lebih cepat panas tetapi lebih cepat pula melepaskan panas,
sementara benda padat cair lambat menyerap panas dan lambat melepaskan panas


silahkan didownlod, semoga bermanfaat
KETERKAITAN ANTARA SIFAT BENDA, LINGKUNGAN, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT
By Harminto S.Pd

1.Karet

◊ Ada dua jenis karet, yaitu karet alam dan karet sintetis ( buatan / tiruan ).
◊ Karet alam diperoleh dari getah pohon karet ( lateks )
◊ Karet sintetis / tiruan terbuat dari minyak bumi, gas, dan batubara.
◊ Sifat-sifat umum dari karet adalah :
-bersifat lentur / elastis
-mempunyai daya hantar panas yang buruk
-mempunyai daya hantar listrik yang buruk
-tidak berkarat
-tidak tembus air
-mudah dibentuk
-tidak mudah pecah

◊ Kegunaan karet :
-untuk permen karet
-untuk karet gelang
-sepatu boot ( sepatu kebun / proyek )
-alas sepatu
-sandal
-ban mobil, ban motor, ban sepeda dll. ( ban dalam dan ban luar )
-jok kursi, jok mobil, jok motor, sofa dll
-bola ( bola basket, tendang / sepak, tennis dll )
-pelapis / kulit kabel listrik
◊ Mutu karet alam lebih baik dari karet sintetis
◊ Sifat karet akan menjadi keras dan kaku apabila dicampur
dengan arang,kapur,dan belerang.

2.Logam

◊ Ada dua jenis logam yaitu logam murni dan dan logam campuran
◊ Semua logam murni berbentuk padat pada suhu ruangan, kecuali raksa
berbentuk cair dan mengkilat.
◊ Logam murni diantarannya adalah emas, basi, tembaga.
◊ Sifat logam murni adalah lembek dan lemah.
◊ Logam campuran diperoleh dengan mencampurkan beberapa logam murni.
Misal : perunggu dari hasil campuran tembaga dan timah.
◊ Logam campuran memiliki sifat lebih keras dan kuat.
◊ Sifat-sifat umum logam :
-keras dan mengkilap
-mudah dibentuk melalui peleburan
-penghantar panas yang baik
-penghantar listrik yang baik
-beberapa logam dapat ditarik magnet
-tidak tembus air

◊ Kegunaan logam :
-membuat jembatan ( terutama baja )
-tiang- tiang gedung ( terutama baja )
-pagar rumah ( terutama besi )
-jemuran pakaian ( terutama aluminium )
-rak piring ( terutama aluminium )
-bodi, rangka mobil, motor, pesawat, kapal laut, kereta ( bisa besi atau baja )
-hisan / kerajinan ( bisa perak atau tembaga )
-blok mesin ( terutama baja )
-alat- alat berat ( baja dan besi )
-alat-alat memasak ( aluminium )
-kabel listrik ( tembaga )
◊ Logam dapat didaur ulang agar dapat digunakan kembali.
◊ Emas disebut logam mulia karena keindahan warnanya.
3.Kayu
◊ Sifat-sifat kayu adalah :
-penghantar panas yang buruk ( misal: untuk gagang seterika )
-penghantar listrik yang buruk ( misal: untuk pegangan alat-alat listrik )
-mudah lapuk
◊ Kegunaan kayu :
-membuat rumah ( kusen, jendela, reng /usuk )
-meja
-kursi
-alat-alat rumah tangga
-badan kapal ( kapal layer, kapal nelayan )
-bantalan rel kereta api
-tempat tidur
-hiasan dll.
4.Plastik
◊ Kebanyakan plastik dibuat dari bahan kimia yang terdapat dalam minyak bumi.
◊ Sifat-sifat plastik :
-ringan dan mudah dibentuk
-tidak berkarat
-tidak tembus air
-tidak mudah pecah
-penghantar listrik yang buruk
-penghantar panas yang buruk
◊ Keguanaan plastik :
-kursi platik
-piring plastik
-gelas plastik
-kantung plastik
-lemari plastik
-tempat sampah
-ember
-gayung
-sendok plastik
-bodi tv,radio, computer, compo / taperecorder, tas, jas hujan dll.
◊ Plastik dapat didaur ulang
◊ Ada metode baru untuk menghancurkan plastik, yaitu dengan air superkritis
( suhu di atas 374ยบ dan tekanan di atas 220 atmosfir )

harfile/science/sept’08 silahkan didownload, semoga bermanfaat

Rangkuman IPA Kelas VI " Keseimbangan Ekosistem"

KESEIMBANGAN EKOSISTEM
BY Harminto S.Pd

1.Populasi = kumpulan makhluk hidup sejenis yang menempati habitat tertentu.
2.Individu = makhluk hidup tunggal ( bagian dari populasi )
3.Komunitas = seluruh populasi yang hidup pada daerah yang sama
4.Ekosistem = hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya
5.Perubahan populasi disebabkan oleh : persediaan makanan, wabah penyakit,
predator / musuh
6.Jumlah penduduk dapat diketahui melalui sensus / cacah jiwa yang diadakan
setiap 10 tahun
7.Pertambahan populasi disebabkan makhluk hidup berkembang biak
8.Pertumbuhan populasi yang tak terkendali menyebabkan persaingan antar makhluk
hidup yang mempunyai makanan sama
9.Populasi akan bertambah bila jumlah yang lahir lebih banyak dari yang mati
10.Populasi akan berkurang bila jumlah yang mati lebih banyak dari jumlah yang lahir
11.Jumlah penduduk yang besar menyebabkan berbagai masalah antara lain :
-Daerah pemukiman semakin sempit, menimbulkan daerah kumuh
-Sulit memperoleh lapangan pekerjaan, menimbulkan pengangguran
-Berkurangnya persediaan makanan, menimbulkan kelaparan
-Meningkatnya angka kriminalitas
12.Untuk mencegah ledakan jumlah penduduk dilakukan program
KB ( Keluarga Berencana )
13.Manusia berperan penting dalam menjaga keserasian dan keseimbangan hewan,
tumbuhan, dan lingkungan
14.Bila lingkungan tidak seimbang, hewan atau tanaman dapat menjadi langka dan punah
15.Untuk menjaga keseimbangan alam dibuatkan suaka marga satwa dan cagar alam
16.Suaka margasatwa melindungi hewan langka
17.Cagar alam melindungi tumbuhan langka dan hewan yang hidup di dalamnya
18.Agar lingkungan tetap seimbang, maka harus ada keseimbangan antara
jumlah produsen dan konsumen
19.Kehidupan ikan pada ekosistem aquarium tergantung pada tumbuhan air
untuk memperoleh makanan dan oksigen
20.Suatu ekosistem dikatakan seimbang jika semua komponen yang terkait
berperan sesuai peranan / fungsi masing-masing
21.Suatu jenis populasi dalam ekosistem tidak dapat berkembang dengan cepat
atau terlalu lambat karena kehidupannya dikontrol oleh populasi lain
22.Ulah manusia yang menyebabkan rusaknya lingkungan yaitu : pemakaian bahan kimia,
penebangan hutan secara sembarangan, pembakaran hutan untuk pembukaan lahan baru,
pembuangan limbah pabrik ke sungai, pembuangan sampah ke sungai, pembangunan
perindustrian, perusakan terumbu karang, penebangan bakau, penggunaan pupuk dan
pestisida secara berlebihan
23.Insektisida / pestisida merupakan bahan kimia yang bersifat racun dan
mempunyai daya pembunuh yang kuat terhadap makhluk hidup
24 Pemakaian insektisida / pestisida berlebihan akan merusak lingkungan,
oleh karena itu pemakaian harus cermat dan sesuai dengan takaran yang telah
ditentukan
25.Upaya menanggulangi pemusnahan jenis hewan tertentu karena diambil bagian
tubuhnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu : - mengganti bagian tubuh yang diambil dengan bahan tiruan
- memelihara hewan dengan habitat alami di suaka marga satwa
- memelihara dan membiakkan ( penangkaran ) hewan dalam lingkungan yang alami
- membuat taman nasional
26.Hewan yang dilindungi dan cara penanggulangannya :
a.burung merak = mengganti bulu asli dengan bulu tiruan dari jenis
plastik atau kain, dipelihara dan dibiakkan dalam
lingkungan yang alami
b.harimau = mengganti kulit harimau dengan model kulit tiruan
dipelihara di suaka margasatwa
c.gajah = mengganti gading asli dengan gading tiruan di pasaran dan
dipelihara di suaka margasatwa
d.badak bercula = dilindungi di Taman Nasional Ujung Kulon Banten
melakukan pengawasan secara intesif terhadap perburuan
secara liar
e.ikan hiu = melakukan pengawasan secara intensif terhadap penangkapan
ikan dilaut
27.Usaha menjaga kelestarian alam dapat dilakukan dengan cara :
-menghentikan penebangan liar
-menghentikan pembakaran hutan
-menghentikan perburuan liar
-memberlakuakan undang-undang perburuan dengan tegas
-mengadakan reboisasi
-melakukan tebang pilih
-melakukan penanaman bibit-bibit baru pada daerah yang baru ditebang
28. Insektisida adalah obat pembasmi hama serangga
29. Pestisida adalah obat pembasmi hama
30. Bioteknologi adalah teknologi yang berhubungan dengan jasad hidup
31. Limbah = sisa buangan pabrik atau rumah tangga
32. Penyakit ISPA ( Infeksi Saluran Pernapasan Atas ) sering timbul atau
melanda penduduk, karena tidak ada pepohonan sebagai penyaring
udara,banyaknya asap akibat kebakaran hutan
33. Untuk membudidayakan hewan langka banyak cara, misal: dengan
bioteknologi, rekayasa genetika, teknik untuk mendapatkan senyawa
34. Dampak dari kebakaran hutan :
- pencemaran udara, dapat mengakibatkan sakit sesak napas ( ISPA )
- menggangu habitat hewan
- pada musim kemarau terjadi kekeringan
- jika musim hujan tiba terjadi bencana banjir, tanah longsor, erosi
- asap yang banyak dapat mengganggu jadwal penerbangan
- memicu terjadinya perubahan iklim yang makin ekstrim
35. Fungsi hutan :
- sebagai daerah resapan air ( sumber mata air )
- mencegah terjadinya banjir
- menghasilkan oksigen ( sebagai paru-paru dunia )
- menghasilkan kayu
- sebagai tempat tinggal dan hidupnya berbagai spcies hewan dan tumbuhan
- sebagai tempat penelitian / ekspedisi
- sebagai tempat rekreasi
- sebagai pengendali iklim
- mengurangi pencemaran udara ( tumbuhan menghisap karbondioksida )
36. Pemanasan global diakibatkan oleh berbagai hal yaitu :
- dampak rumah kaca
- rusaknya lapisan ozon
- kebakaran hutan
- asap pabrik
- sisa gas buang kendaraan bermotor







Harfile/science/sept’07 silahkan didownlod, semoga bermanfaat

Kerja Ilmiah IPA "Mengawetkan Makanan Secara Alami "

KERJA ILMIAH SAINS
Kelompok :
KELAS :VI /I
KAMIS,20 OKTOBER 2005

MENGAWETKAN MAKANAN SECARA ALAMI
MEMBUAT MANISAN BUAH

A.Alat dan bahan

1.bengkuang
2.salak
3.pepaya mengkal
4.mangga mengkal
5.kedondong
4.gula pasir
5.garam
6.kayu manis
7.pisau
8.talenan
9.panci
10.kompor
11.air
12.sendok
13.toples

B.Langkah kerja

1.Kupas semua buah,kemudian iris tipis memanjang
2.Rebus air sampai mendidih,masukkan gula pasir,aduk sampai larut.
3.Masukkan kayu putih dan sedikit garam,aduk.
4.Biarkan air rebusan tadi beberapa saat,kemudian masukkan buah yang telah diiris,
aduk,biarkan beberapa saat sampai dingin,kemudian masukkan ke dalam
toples dan tutup.

C.Pertanyaan

1.Apa yang terjadi dengan buah yang telah dibuat menjadi manisan setelah beberapa
hari?.
2.Bagaimana rasanya?Masih segarkah?Mengapa demikian?


D.Kesimpulan



Har file/ silahkan download, semoga bermanfaat

Rangkuman IPA Kelas VI " Hubnungan antara gaya dan gerak"

Rangkuman IPA Kelas VI

HUBUNGAN ANTARA GAYA DAN GERAK
By Harminto
1. Benda yang mengalami perubahan posisi atau kedudukan disebut bergerak.
2. Benda bergerak karena mendapatkan gaya.
3. Tarikan atau dorongan dinamakan gaya.
4. Gaya dapat menyebabkan perubahan bentuk benda,arah gerakan benda dan keadaan
benda (dari diam menjadi bergerak atau sebaliknya)
5. Untuk melakukan suatu gaya diperlukan tenaga.
6. Alat untuk mengukur besarnya gaya dinamakan dynamometer
7. Besarnya gaya dinamakan dalam satuan Newton atau dyne atau KGF (kilogram gaya)
8. Gaya 1 newton adalah gaya yang memberi tambahan kecepatan pada benda yang
bermassa 1 kg untuk bergerak 1m/detik.
9. Macam- macam jenis gaya berdasarkan sumbernya,yaitu:gaya mesin,gaya
otot,gaya gesek,gaya pegas,gaya listrik,gaya magnet,dan gaya gravitasi.
10. Kekuatan otot untuk mendorong dan menarik disebut gaya.
11. Gaya yang ditimbulkan oleh mesin dinamakan gaya mesin.
12. Gaya gesek terjadi bila dua permukaan benda saling bersentuhan.
13. Permukaan yang licin memiliki gaya gesek kecil.
14. Permukaan yang kasar memiliki gaya gesek besar.
15. Untuk mengurangi gaya gesek pada mesin, gear, rantai digunakan minyak pelumas.
16. Gaya magnet hanya dapat menarik benda yang terbuat sati besi atau
baja( benda magnetis / feromagnetik ).
17. Gaya magnet yang senama akan saling tolak- menolak,dan gaya magnet yang
tidak senama akan tarik-menarik. Kutub magnet dipengaruhi oleh kutub bumi
( utara & selatan ).
18. Gaya pegas dihasilkan oleh benda yang bersifat elastis.contoh karet , panah,
dan per.
19. Penggaris plastik dapat menghasilkan gaya listrik bila digosokkan pada rambut
kering atau sebatang kaca digosokkan pada kain sutera.
20. Gaya tarik bumi disebut juga gaya gravitasi bumi.
21. Gaya gravitasi mengakibatkan benda jatuh ke tanah (bumi).
22. Terjun payung mengalami gaya gravitasi dan perlahan-lahan turun menuju
permukaan bumi.
23. Gaya sentuh adalah gaya yang harus menyentuh benda yang dikenai gaya.
24. Gaya tak sentuh adalah gaya yang tidak harus menyentuh benda yang dikenai benda.
25. Gaya setimbang adalah gaya yang besarnya sama dan arahnya berlawanan.
26. Gaya yang tak setimbang adalah gaya yang besarnya tidak sama dan menuju
ke arah tertentu.
27. Titik acuan adalah titik yang dianggap sebagai perbandingan perubahan
posisi sebuah benda.
28. Contoh gaya sentuh adalah gaya otot,gaya pegas,gaya dorong, gaya tarik.
29. Contoh gaya tak sentuh adalah gaya gravitasi,gaya magnet, dan gaya listrik.
30. Gaya setimbang menyebabkan benda tidak bergerak.
31. Gaya tak setimbang menyebabkan benda bergerak ke satu arah.
32. Alat –alat yang menggunakan gaya pegas: ketapel,per motor/mobil,mainan,jam,panah,
papan loncat indah.
33. Alat-alat yang menggunakan gaya magnet: speaker,pintu kulkas,tutup tempat pensil,
dinamo,generator,hiasan pintu kulkas,kereta magnet (kereta supercepat
di Jepang), kompas.
34. Alat atau benda menggunakan prinsip kerja gaya gesek misalnya:biola,rebab,ban,
rem pada sepada/motor/mobil.
35. Kelapa jatuh ke tanah karena adanya gaya gravitasi bumi.Semakin dekat dengan
bumi maka gaya gravitasinya semakin besar,semakin menjauh dari bumi maka gaya
gravitasinya semakin kecil.
36. Perbandingan gaya gravitasi bumi dengan bulan adalah 6:1 misalnya: Jasmine berat
badannya 54 kg,maka di bulan berat badannya 9 kg.
37. Contoh gaya tekan :senapan angin(dipompa),pompa sepeda
38. Jungkat jungkit akan setimbang jika jarak beban dari titik setimbang sama.
39. Jika jarak beban dari titik setimbang tidak sama,maka dapat dibuat setimbang
dengan menambah berat beban pada beban yang berjarak lebih pendek.
40. Kencangnya karet pada traktor pegas akan mempercepat gerak traktor.
41. Jika karet kendur maka gerak traktor akan lambat
43. Jika tarikan karet pada ketapel kencang maka batu kerikil akan terlontar jauh
44. Batu yang beratnya lebih kecil akan terlontar lebih jauh dari pada batu
yang beratnya lebih besar.
45. Untuk jalan pelan pada tanjakan pada motor gunakan gigi kecil
(1 atau 2),sedangkan untuk jalan datar dan melaju cepat gunakan gigi/gear
besar(3, 4 atau 5).

HAR file silahkan didownlod, semoga bermanfaat

RPP ( Rencana Pelaksanaan Pembelajaran )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Bidang Studi : IPA
Kelas / Semester : VI / II
Hari / Tanggal :
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit


I. Standar Kompetensi
Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi.

II. Kompetensi Dasar
Melakukan percobaan dan menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak
( model jungkat jungkit, ketapel,model traktor sederhana energy pegas).

III.Indikator
Siswa dapat mendeskripsikan hubungan antara gaya dan gerak.

IV. Tujuan Pembelajaran
1.Siswa dapat membuat alat yang memanfaatkan energi pegas yaitu ketapel.
2.Siswa dapat mengkomunikasikan hubungan antara gaya pegas dan gerak melalui
praktik percobaan
menggunakan ketapel sederhana.

V. Materi Pembelajaran
Energi dan Perubahannya

VI.Langkah-langkah Pembelajaran

A.Kegiatan Awal
1.Mengkondisikan kelas
- Memberi salam
- Berdoa
- Mengabsen
- Mengatur tempat duduk
2.Apersepsi
Menanyakan kembali materi pelajaran yang telah diajarkan sebelumnya sebagai
jembatan untuk menuju ke materi inti.
3.Memotivasi
- Guru menyampaikan manfaat yang dapat diperoleh dari belajar tentang gaya
pegas( tujuan pembelajaran kontekstual / bermakna ).
- Guru mengemukakan kegiatan yang akan dilaksanakan, yaitu siswa diiformasikan
kegiatan hari ini untuk membuat ketapel sederhana.

B.Kegiatan Inti
- Penjelasan singkat materi pelajaran tentang energi dan perubahannya.
- Pembentukan kelompok kecil.
- Guru membagikan alat, bahan praktik, dan LKS.
- Guru menjelaskan cara menggunakan alat-alat percobaan.
- Siswa mempraktikkan membuat ketapel sederhana dengan alat dan bahan
yang telah disediakan.
- Siswa menarik kesimpulan dan membuat laporan dari hasil praktik /percobaan.
- Siswa mempresentasikan hasil praktik / percobaan.

C. Kegiatan Akhir
- Guru merangkum hasil presentasi semua kelompok.
- Guru memberikan tindak lanjut/ pengayaan dalam bentuk tugas di rumah ( PR ).

VII. Metode Pembelajaran
- Demonstrasi dan eksperimen
- Inquiri

VIII. Alat dan Sumber Belajar
A. Alat pembelajaran
- Karet gelang
- Ranting pohon yang bercabang
- Pisau / gunting
- Kalep / kulit bekas sepatu
- Kertas
- Kerikil
B. Sumber belajar
- IPA itu Asyik dan Menyenangkan 6 B , Yohanes Surya
- IPA kelas VI Erlangga, Tim Bina Karya
- IPA BSE, Depdiknas

IX.Penilaian
a. Teknik Penilaian
Penilaian produk dengan menggunakanan aspek afektif, psikomotorik,
dan kognitif.

b. Bentuk Penilaian
Penilaian posttest berbentuk essay

Instrumen Penilaian/ Evaluasi

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar !
1.Tuliskan 3 sifat karet gelang !
2 Gaya apakah yang ditimbulkan oleh karet gelang ?
3 Ketika kamu menarik karet ketapel, apa yang kamu rasakan ? Jelaskan !
4.Sebutkan 4 alat yang menggunakan gaya pegas !
5 Apakah kegunaan gaya pegas dalam kehidupan sehari-hari ?

Kunci Jawaban
1.Lentur, elastis, kenyal, tahan/kedap air, tidak berkarat
2.Gaya pegas
3.Terasa memiliki tekanan, kareda ada gaya pegas yang dihasilkan
4 Ketapel, jam manual, sringbed/ kasur pegas, sepeda, sepeda ,motor,
mobil , panah
5.Memperlancar dan mempermudah pekerjaan manusia, yaotu misalnya untuk
per pada springbed, karet celana/ kaus kaki dll

Skor Penilaian
Skor nomor 1 : 1
Skor nomor 2 : 1
Skor nomor 3 : 3
Skor nomor 4 : 2
Skor nomor 5 : 3
-----------------
Total Nilai = 10




Depok,
Guru Bidang Studi




Harminto





silahkan didownload,semoga bermanfaat

Minggu, 28 Maret 2010

KU TAAT

KUTAAT PERINTAHMU
KUSABAR MELAKUKAN
KUYAKIN TUHAN JAWAB
SETIAP DOAKU

TAAT PERINTAHMU TUHAN
PEGANG SLALU P’RINTAH TUHAN
JADILAH KEHENDAKMU
KAU NYATAKAN KEMULIAANMU
BAGIMU