Kamis, 02 September 2010

Analysis Saham


PT. Indofood Sukses Makmur Tbk



Dosen : Hasan Zein Machmud SE. MBA
Mahasiswa : Harminto





Program Pasca Sarjana STIE Supra Jakarta








I.PROFIL PERUSAHAAN

PT. Indofood Sukses Makmur Tbk ( Indofood ) merupakan perusahaan pengolahan makanan
yang utama di Indonesia,dengan produknya yang menguasai pasar domestic di antaranya :
mie instant,terigu,minyak goreng,makanan bayi,makanan ringan dan lainnya.
Indofood merupakan perusahaan mie instant terbesar di Indonesia.Jaringan distribusi bisnis makanan
Indofood sangat besar di Indonesia.
Produk yang dihasilkan Indofood merupakan produk yang telah memiliki “Brand Image” di
masyarakat, di antaranya : Indomie,supermi,sarimi,sakura, minyak goring bimoli&sunrise,royal
palmia,simas margarine,chiki,chitato,jet-z,promina,sun,kecap piring lombok,dan masih banyak lagi.
Merek yang paling terkenal dari Indofood adalah indomie,yang sudah melekat di masyarakat kita.

II.SEJARAH PERUSAHAAN

● Pada tahun 1990 bernama PT.Pangan Jaya Intikusuma (PJIK)
● Tahun 1994 PJIK merger dengan 18 perusahaan di bawah naungan Indofood Group dan berubah
nama menjadi PT. Indofood Sukses Makmur.Pada waktu itu untuk memperluas dan memperkuat
usahanya PT.Iondofood Sukses Makmur melakukan penjualan saham di BEJ dan BES sebanyak
763 juta lembar dengan nilai Rp 1.000 per lembarnya.
● Tahun 1995 mengakusisi Bogasari Flour Mills dan asset-aset lainnya.
● Tahun 1996 Stock split 1 to 2,chang of par value from Rp 1000 to Rp 500 per share.
● Tahun 1997 akusisi 80% equity ownership in oil palm,malakukan righ issue yang pertama dengan
305.200.000.
● Tahun 1999 40% its share was acquired by First Pasific Co. Ltd. (FP) Hongkong through CAB
Holdings Ltd.
Setiap tahunnya selalu melakukan usaha untuk memperkuat permodalannya,misalnya; pada tahun
2003 melakukan Launched 2nd “Five Year “ Rupiah Bond” of Rp 1,5 trillion.
III.DATA

PT.Indofood Sukses Makmur Tbk
Indikator perdagangan saham di Bursa Efek Jakarta ( Rabu,31 Mei 2006 s.d Selasa,6 Juni 2006 )
Sblm ttg trdh pnt +/- volume nilai PER

Rabu,31-5-06 970 960 930 940 -30 24.313.500 22.965.375.000 12,76
Kamis,1-6-06 940 970 900 910 -30 28.180.000 26.293.130.000 12,35
Jumat, 2- 6-06 910 910 980 970 60 40.325.500 38.419.930.000 13,17
Senin, 5-6-06 970 1.030 970 1000 30 50.193.500 50.721.630.000 13,58
Selasa, 7-6-06 1000 1.010 970 990 -10 40.058.500 39.307.830.000 13,44

IV.ANALYSIS

● Perdagangan saham di BEJ PT.Indofood Sukses Makmur Tbk mengalami fluktualisasi yang
cukup signifikan. Pada perdagangan saham hari Rabu,31 Mei 2006,harga saham ditutup pada
harga 940 dari sebelumnya pada posisi 970,di sini Indofood mengalami penurunan -30 poin
dengan volume 24.313.500 lembar saham dan nilai trnsaksinya mencapai 22.965.375.000,
PER pada posisi 12,76.Tren penurunan ini dialami sebagian besar saham komsumsi di BEJ
dengan penurunan secara keseluruhan -3,291%.
●Tren pelemahan saham Indofood masih berlanjut pada perdagangan hari Kamis,1-6-06,dengan
Penutupan sebelumnya 910,penutupan sebelumnya 940,sehingga mengalami penurunan -30
poin.Volume perdangangan mencapai 28.180.000 dengan nilai transaksi 26.293.130.000.
sementara PERnya pada kisaran 12,35. Secara keseluruhan indek harga saham konsumsi
mengalami penurunan -1,068%.



●Pada perdangan saham Jumat,2-6-06 ,saham Indofood mengalami kenaikan yang cukup
Signifikan yaitu 60 poin,dari penutupan sebelumnya 910 menjadi 970. Volume trnsaksi juga
naik menjadi 40.325.5000 lembar saham dengan nilai 38.419.930.000. PER menjadi 13,17.
Secara umum indek harga saham konsumsi di BEJ naik 2,163 %.
●Kembali pada Senin,5-6-06, harga saham Indofood mengalami kenaikan 30 poin,mencapai 1000
dari penutupan sebelumnya 970, volume transaksi mencapai 50.193.500 dengan nilai
50.721.630.000 , PER naik menjadi 13,58 , meskipun indek harga saham konsumsi di BEJ turun
0,459 %.
●Pada perdagangan Selasa,6-6-06, harga saham Indofood melemah 10 poin pada level 990, volume
Perdagangan juga turun menjadi 40.058.500 lembar saham dengan nilai transaksi 39.307.830.000
PER turun pada 13,44. Secara keseluruhan indek harga saham konsumsi di BEJ juga turun
-1,062 %.

●Saham Indofood tetap menarik dan banyak diminati oleh pembeli meskipun terjadi fluktualisasi
harga,tetapi masih menguntungkan investor.
Ada beberapa alas an investor tertarik membeli saham Indofood karena perusahaan ini sebagai
leader di Indonesia dalam bidang makanan dengan produk-produk yang telah memiliki
brand image di masyarakat.Misalnya: dengan produk mie instant indomie yang telah menjadi
legenda/ikon mie, juga produk terigunya dengan merek segi tiga biru, cakra kembar dan banyak
produk-produk lainnya yang telah dikenal masyarakat luas.
Diakuinya memang,khususnya mie instant sekaran mendapat tantangan yang begitu hebat dari
Wings food ,dengan produk andalannya mie sedap.
Langkah yang harus dilakukan adalah dengan inovasi yang tidak henti sambil melihat pesaing
sejauh mana juga melakukan inovasi.
Produk unggulan Indofood adalah indomie telah memiliki brand image sangat kuat jadi harus
dipertahankan dengan kemasan dan berbagai citarasa. Disamping mie instant,produk unggulan
lainnya adalah terigu dengan PT. Bogasarinya yang pada era orde baru menjalankan bisnisnya
dengan monopoli,sehingga sebagai leader dan telah menguasai distribusi nasional.


V. KESIMPULAN

Saham Indofood Sukses Makmur Tbk masih menguntungkan dan menarik investor untuk
membelinya karena ditopang oleh management perusahaan yang profesioanal dan telah
bepengalaman dalam bisnis inti,dan telah menjadi leader di tanah air. Jika terjadi fluktualisasi
harga tidak terlalu jauh dan tetap dalam batas yang wajar dalam pasar saham.Sekali lagi di sini
“ Brand Image “nya yang sudah dikenal luas dan konsumen yang sudah mapan,sehinng
konsumen/masyarakat fanatic terhadap produk-produk dari Indofood.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar